AIDA dan Cara Penggunaannya
AIDA adalah strategi penulisan yang biasa digunakan oleh penulis konten atau copywriter. AIDA biasa digunakan untuk membangkitkan minat, keinginan, dan mendorong audiens untuk melakukan apa yang diinginkan.
AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Berikut merupakan penjelasan mengenai tahapan dalam AIDA dan cara penggunaannya.
- Attention (Perhatian): Menarik perhatian audiens dengan menggunakan penggunaan headline atau kalimat pembuka atraktif sehingga membuat audiens ingin terus membaca.
- Interest (Ketertarikan): Setelah mendapatkan perhatian audiens, mulailah menarik minat terhadap produk atau jasa yang dimiliki. Hal dilakukan dengan membahas permasalahan yang dialami audiens menggunakan bahasa penulisan yang mudah dipahami.
- Desire (Keinginan): Biasanya pada tahap ini audiens sudah mempunyai minat pada apa yang dibicarakan, untuk menguatkan minat tersebut tawarkan jasa atau produk Anda dengan menyebutkan berbagai keunggulannya sebagai solusi untuk permasalahan yang dialami audiens.
- Action (Tindakan): Terakhir, tahapan untuk mengakomodasi audiens. sampaikan cara mengakses produk atau jasa yang ditawarkan dengan mengaplikasikan call to action alias CTA.
Dengan menerapkan AIDA dalam copywriting, Anda bisa mempengaruhi audiens melalui tulisan yang dibangun secara persuasif, menarik, dan mudah dipahami. Karenanya, untuk menghasilkan konten yang menarik dan efektif tim Today’s Project menjadikan AIDA sebagai dasar dalam proses pembuatannya. Konten yang dihasilkan biasa kami gunakan untuk keperluan servis media ads placement dan juga social media management.
Yuk tanya-tanya lebih lanjut mengenai kedua servis tersebut dengan menghubungi Today’s Project melalui email di hello@todaysproject.id atau WhatsApp di https://wa.me/6282124486707.