Bagi Kamu Pemilik Bisnis, Ini Dia Perilaku Konsumen Selama Bulan Ramadan
Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling dinanti oleh para pebisnis. Bulan ini menjadi begitu spesial karena perilaku konsumen pada bulan penuh berkah ini memiliki karakteristik yang cenderung berbeda dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya.
Mengapa bisa demikian?
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku setiap konsumen di bulan Ramadan. Di Indonesia sendiri, faktor-faktor yang memungkinkan perubahan tersebut diakibatkan oleh berubahnya pola makan, berubahnya aktivitas harian, atmosfer religius, serta beberapa tradisi di berbagai daerah selama Ramadan berlangsung.
Perubahan perilaku konsumen inilah yang seharusnya diperhatikan oleh para pebisnis agar mampu membuat sebuah strategi kampanye marketing yang efektif, tidak terkecuali pada platform digital.
Lalu, apa saja perilaku konsumen selama bulan Ramadan yang wajib diketahui? Berikut beberapa penjelasannya:
Baca Juga : Ingin Serukan Kebaikan Lewat Sosial Media? Ini Tipsnya
Menghabiskan Waktu untuk Online Lebih Banyak
Perilaku konsumen yang pertama adalah fakta bahwa waktu istirahat yang lebih banyak membuat orang-orang lebih banyak meluangkan waktu untuk berselancar di internet.
Data yang dikemukakan oleh Global Web Index menyatakan bahwa setiap orang di Indonesia menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam untuk online di sosial media melalui perangkat mobile selama bulan Ramadan. Entah untuk melihat Instagram, Facebook, dan sosial media lainnya.
Berangkat dari hal itu tentunya para pebisnis harus mampu melihat fenomena ini sebagai ladang bisnis yang dapat menghasilkan cuan lebih banyak. Para pebisnis harus bisa meningkatkan online presence agar para konsumen dapat selalu menemukan bisnis Anda di internet.
Menonton Video Online Lebih Lama
Berkaitan dengan poin di atas, demografi perihal banyaknya orang yang menonton video secara online di sosial media juga sangat mendominasi. Peningkatan tersebut terlihat dari data Google yang mencatat bahwa waktu menonton Youtube orang-orang di Indonesia bisa mencapai 1-3 jam per hari selama bulan Ramadan.
Dari data tersebut, bisa dibilang bahwa kampanye marketing dalam bentuk video pun sangat diminati oleh orang-orang Indonesia. Ini merupakan sebuah langkah efektif bagi bisnis Anda untuk menunjang penjualan selama bulan Ramadan.
Pemburu Promo
Promo-promo yang disajikan oleh para pemilik bisnis selama bulan Ramadan menjadi salah satu yang paling diminati oleh para konsumen di Indonesia. Bahkan, promo di saat bulan Ramadan bisa lebih menggiurkan dibandingkan promo Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS).
Oleh karena itu, pemberian promo kepada konsumen di bulan Ramadan sangat amat dianjurkan. Apalagi kalau promo tersebut dibarengi dengan banyaknya bonus yang ditawarkan.
Nah itu dia beberapa hal yang wajib diketahui oleh para pebisnis perihal perubahan perilaku konsumen selama bulan Ramadan agar dapat cuan baik online maupun offline. Bila kalian para pebisnis ingin mendorong penjualan di dunia digital namun bingung memulai dari mana, kalian bisa berdiskusi dengan kami sebagai penyedia jasa sosial media marketing bagi bisnis Anda dengan menghubungi kami di hello@todaysproject.id.