Back to top

Today's Project

  /  Digital   /  Kenalan Lebih Jauh dengan Content Pillar

Kenalan Lebih Jauh dengan Content Pillar

Apa Itu Content Pillar?

Content pillar adalah dasar topik yang menggambarkan value dari suatu brand kepada audiens. Content pillar berperan menjadi acuan dari semua topik yang diangkat menjadi konten yang diproduksi suatu brand, sehingga konten yang dipublikasi sesuai dengan value brand tersebut.

Banyak digital marketer membagi content pillar menjadi lima jenis yang berbeda. Yaitu konten yang bersifat promosional, edukatif (educational), berbasis komunitas (community), hiburan (entertainment), dan menarik perhatian pelanggan (engagement).

Manfaat Content Pillar

Membuat content pillar memerlukan kemampuan analisis yang mendalam. Bila tidak diperhatikan dan dipikirkan secara detail content pillarmu akan sia-sia, karena dalam pembuatan konten para content creator biasa berpacu pada content pillar. Bila content pillar tidak sesuai dan dibuat secara asal maka hasil konten tidak akan maksimal.

Melalui content pillar, konten yang dipublikasi akan mempunyai topik yang konsisten sehingga dapat menyampaikan pesan atau gambaran dari brand. Berikut beberapa poin keuntungan menggunakan content pillar:

1. Topik Konten Terpenuhi dan Terencana

Topik dalam content pillar akan mempermudah proses pembuatan konten sehari-hari dan akan mempermudah pembuatan ide konten selanjutnya. Dengan topik konten yang tertera di content pillar, Anda juga dapat mendaur ulang konten dengan tambahan modifikasi dengan kategori konten yang sama. Bahkan ide konten sebelumnya bisa dijadikan riset untuk ide konten selanjutnya.

2. Konten yang Relevan dengan Audiens

Target market dan value sebuah brand harus sejalan. Karenanya hal tersebut menjadi salah satu komponen yang membentuk content pillar

Dalam membuat konten selain harus sesuai audiens, Anda juga harus memperhatikan citra brand yang dikelola. Jangan sampai brand yang Anda kelola sampai kehilangan image yang telah dibangun.

Dengan content pillar Anda akan menemukan konten yang relevan dengan kebutuhan audiens namun tetap sesuai dengan image brand.

3. Branding yang Kuat

Dibuatnya content pillar diikuti konten yang match dengan image brand serta relevan dengan audiens engage dan mengikuti media sosial bisnis Anda.

Nah, sekarang mulai bikin content pillar ya sebelum membuat konten! 

Jika tidak sempat atau masih butuh bantuan menyusun content pillar, gunakan jasa kelola media sosial dari Today’s Project agar hasil konten yang maksimal. Langsung hubungi kami di hello@todaysproject.id ya!

Leave a comment:

d
Follow us