Back to top
Fitur Instagram untuk Kreator

Today's Project

  /  Digital   /  Fitur Instagram untuk Kreator

Fitur Instagram untuk Kreator

Instagram telah menjadi platform yang sangat mendukung para kreator. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, Instagram telah terbukti menjadi tempat yang efektif untuk membangun branding, meningkatkan awareness dan reach, serta interaksi dengan audiens.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Instagram telah menyediakan berbagai fitur yang berguna bagi para kreator dan juga memudahkan para kreator untuk mendapatkan keuntungan. Fitur-fitur ini diketahui berperan menjadi “jembatan” antar audiens dan brand atau kreator dan brand. 

Berikut adalah beberapa fitur Instagram yang membantu para kreator lebih terhubung dengan brand dan juga audiens:

Collaboration Post 

Fitur kolaborasi Instagram ini merupakan fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa berkolaborasi dalam melakukan unggahan feed, stories, dan reels. Fitur ini membuat unggahan yang sama bisa muncul di dua akun yang berbeda. Dengan fitur ini, pengguna dapat bekerja sama untuk memperluas jangkauan audiens yang melihat konten tersebut.

Ada beberapa cara untuk menggunakan fitur kolaborasi di Instagram:

  1. Tagging: Pengguna dapat menambahkan tag ke orang atau akun dalam postingan, cerita, atau IGTV mereka.
  2. Co-Authoring: Pengguna dapat bekerja sama dengan rekan kerja secara langsung untuk membuat postingan, cerita, atau IGTV.
  3. Re-share: Pengguna dapat mengambil konten orang lain dan membagikannya di akun mereka, dengan memberikan kredit kepada asli.

Dalam semua kasus tersebut, fitur kolaborasi membantu pengguna membuat konten yang lebih interaktif, meningkatkan eksposur, dan memperluas jangkauan mereka di Instagram.

Creator Marketplace

Melalui fitur ini brand bisa mengumumkan atau “memasarkan” peluang kerja sama untuk kreator (KOL,Endorsement,dsb). Brand juga bisa mengirim langsung penawaran kerjasama kepada kreator melalui inbox khusus yang terprioritas. Fitur ini juga memungkinkan para kreator untuk menjual produk mereka langsung di Instagram tanpa harus memakai aplikasi pihak ketiga. Hal ini tentu saja membuat  pengalaman belanja yang lebih mulus dan direct bagi para pengguna Instagram dan memudahkan para kreator menjual produk mereka ke audiens mereka.

Kode Unik untuk Iklan

Kode unik yang dimaksud adalah kode yang terdapat di postingan kreator yang mana bisa diberikan kepada pihak brand yang nantinya bisa diklankan. Tujuannya adalah agar mudah melacak hasil dari kerjasama yang berlangsung.

Demikian beberapa fitur Instagram yang dapat membantu para kreator dalam membangun branding dan meningkatkan visibilitas di platform Instagram. Dengan menggunakan fitur-fitur diatas, para kreator dapat membangun hubungan dengan audiens dann brand secara lebih efektif dan transparan.

Leave a comment:

d
Follow us