Tips Penggunaan WhatsApp untuk Online Shop
WhatsApp Messenger atau WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa melainkan koneksi internet.
Indonesia masuk ke dalam daftar sepuluh besar negara dengan pengunduhan WhatsApp terbanyak selama kuartal kedua 2022. Jumlah pengunduhan WhatsApp di Indonesia menempati posisi kelima dari total 21,6 juta unduhan di AppStore, dan empat besar dari total 55,3 juta kali unduhan di PlayStore. Total pengguna iOS di Indonesia yang menginstal WhatsApp sebanyak 0.95 juta perangkat. Sedangkan total unduhan WhatsApp pengguna Android di Indonesia sebanyak 4.49 juta.
Oleh karena penggunanya yang sangat banyak, WhatsApp merupakan saluran komunikasi yang banyak digunakan untuk bisnis, tak terkecuali online shop. Untuk menggunakan WhatsApp secara maksimal, cek tips dari kami berikut ini ya!
Menggunakan WhatsApp Bussiness
WhatsApp Business adalah aplikasi gratis yang tersedia pada Android dan iPhone. Aplikasi ini dikhususkan untuk mendukung para pemilik bisnis dalam memasarkan produk dan jasa yang dipasaran. WhatsApp Business akan membuat interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan menyediakan berbagai fitur seperti otomasi chat, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat.
Fast Respond
Jawab chat customer dalam hitungan menit sejak pesan masuk. Hal ini akan mencerminkan bahwa Anda dapat dipercaya dalam berbisnis.
Menyebut Nama
Menyebut nama customer langsung agar terbangun rasa kedekatan antara brand dan customer. Contoh: “Baik kak Dinda pemesanannya sudah kami terima ya.”
Penggunaan Emoji
Gunakan emoji sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan secara virtual agar terbaca lebih ekspresif.
Follow Up
Jika belum deal pada penawaran pertama, maka Anda wajib melakukan follow up agar calon customer tetap mengetahui bahwa barang atau servis bisnis Anda masih tersedia.
Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat!